Sabtu, 18 Februari 2017

Atasi Masalah Bendik Starter Ninja 250FI

Masalah elektrik starter sering terjadi pada sepeda motor, salah satunya Ninja 250FI. Sistem kerja dari elektrik starter secara garis besar ialah mengalirkan listrik 12V dari battery dengan switch atau saklar starter menuju bendik yang kemudian disalurkan ke dinamo starter. Apabila salah satu dari sistem kerja starter elektrik bermasalah maka motor tidak akan bisa menyala kecuali distarter engkol atau didorong.


Masalah starter macet sering terjadi pada Ninja 250FI seperti yang Saya alami. Gejala yang timbul adalah ketika switch atau saklar starter dipencet mesin tidak langsung menyala, namun malah keluar bunyi "cetak cetak" disekitar bawah jok depan. Untuk memastikan kerusakan starter bisa cek satu persatu part sistem kerja starter elektrik seperti gambaran di atas. Saklar sudah dipastikan masih normal karena masih mampu menyalurkan listrik ke bendik. Battery atau aki tampak bagus karena ketika dicek suara klakson masih nyaring, kerusakan pada battery biasanya ditandai ketika saklar starter dinyalakan speedo meter akan merestart dan timbul suara "treeeet ....treeeeeet....." (pelan). Mengingat dinamo starter adalah part yang digunakan dalam jangka panjang dan jarang rusak, maka dapat dipastikan masalah berasal dari bendik starternya.

Bendik Ninja 250FI tergolong tidak awet, banyak yang mengalami permasalahan ini, jika mau menggantinya dengan yang original Kawasaki harganya sekitar 450rb. Namun ternyata bendik ini dapat disubstitusi atau diganti dengan bendik Yamaha Xeon atau Byson yang harganya tidak sampai 100rb, ada juga yang mengatakan persis dengan milik Kawasaki KLX dan Minerva Megelli 250.

Bendik Yamaha Xeon karbu tahun 2010 atau dibawahnya jg bisa dengan kode part 33S-H1940-00 harga -/+ Rp 78.000,-

Bendik Yamaha Byson karbu tahun 2012 atau 2014 dengan kode part 45P-H1940-00 harga -/+ Rp 84.000,-

Berikut gambaran pemasangan bendik Xeon/Byson ke Ninja 250Fi.
1. Bendik Ninja 250Fi memiliki sikring sebesar 30A, sedangkan Xeon/Byson hanya 10A, maka akan lebih baik sikring Ninja 250Fi dipindahkan ke Xeon/Byson.
Cara pemindahanya tingga cabut saja sikringnya menggunakan tang.

2. Pemasangan kabel sedikit berbeda. (Harus diperhatikan)
Kutup positif (+) atau terminal sikring aktif bendik Ninja 250Fi berada di kanan, sedangkan Xeon/Byson berada di kiri. Kutup positif (+) tersebut ditandai dengan adanya benda semacam kail yang menyambung ke sikring. (perhatikan gambar di bawah)
Maka perhatikanlah dan jangan sampai terbalik. sehingga dalam pemasangan bendik Xeon/Byson ke Ninja 250Fi Anda perlu membalik tatanan kabelnya (disilang).

3. Terakhir. Untuk pemasangan pada soketnya sama persis. bentuk rumah soket sama-sama menggunakan 4 kaki, jalurnya pun sama persis. Sehingga pemasanganya plug and play (tinggal colok tanpa ubahan). Selesai.
selamat mencoba :)


Ternyata bendik Ninja 250Fi dapat diperbaiki atau diakali, berikut caranya.
Cara memperbaiki atau mengakali bendik Ninja 250Fi yang rusak :

Bila Anda ingin lebih hemat dan tetap menggunakan bendik ori Ninja 250FI bisa diakali dengan relay lampu mobil 4 kaki yang memiliki kapasitas minim 30A, mengingat cara kerja bendik sama dengan cara kerja relay. Relay sendiri harganya 15rb hingga 30rb.
Berikut cara memasangnya :
1. Siapkan semua peralatan. Relay (di sini saya menggunakan 40A), obeng(+), obeng(-) kecil untuk congkel soket, tang lancip, tang potong atau pemotong kuku, kunci untuk baut body, gunting, isolasi, kabel engkel besar 2 warna merah dan hitam (tidak usah terlalu panjang), skun kabel soket dan skun baut aki masing masing 2 buah.
Akan lebih baik pemasangan soket atau skun relay menggunakan rumah skun atau soket relay seperti ini.



 2. Buka body tengah dan joknya.




3. Setelah jok terbuka, lepaskan aki,





4. Bendik berada di bawah tangki sebelah kiri, lepaskan/cabut bendik dari karet atau rumahnya.



5. Lepaskan/cabut soket yang menyambungnya.




6. Dalam soket tersebut terdapat 4 buah kabel, yaitu kabel berwarna putih besar, putih strip merah, kuning strip merah, dan hitam strip kuning.
Lepaskan skun kabel warna kuning strip merah dan hitam strip kuning dari rumah soketnya dengan mencongkel memakai obeng(-) kecil.



7. Setelah kedua skun terlepas kemudian hubungkan ke relay pada soket nomor 85 dan 86 (boleh dibolak balik).



8. Ambil kabel warna merah dan hitam yang sudah disiapkan tadi, pasang skun skun nya. Pasang kabel warna merah ke kutup (+) dan pasang kabel warna hitam ke kutup (-) pada baut aki bendik.




9. Pasang kabel warna hitam tadi pada relay no87, dan pasang kabel warna merahnya pada relay no30.

10. Setelah itu pasangkan kembali soket bendiknya, biarkan 2 kabel yang dicabut tadi kosong, karena sudah terhubung ke relay no 85 dan 86.

kira kira seperti inilah skema pemasanganya



 11. Setelah terpasang semua, pasang kembali batterynya. selesai.



11. hidupkan starter. bruuummmm.... tambah enteng kan starternya? Setelah smua beres baru rapihkan dan kembalikan seperti semula jok dan bodynya dan jangan lupa setel ulang jam di speedometer.

Simpel bukan? simpel dan hemat. semoga membantu :)





97 komentar:

  1. Sob, port 85 dan 86 relay connect kemana ya? Lalu untuk melepas kabel di bendik gmn caranya?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 85 dan 86 itu disambungin ke soket lama nya sob, kan td soket bendik dicabut, nah kabel yang warna kuning strip merah, dan hitam strip kuning itu dikeluarin dr rumah soketnya trus disambungin ke relay no 85 sama 86, bolak balik boleh.

      Hapus
    2. Gak bisa di karbu bener cetak cetek nya ilang tp gak nyala

      Hapus
    3. Ane nyala gan. Cuman ga ga pake dituker swicthnya. Cuma posisi bendiknya aja jd madep diatas

      Hapus
  2. Aq pakai Xeon malah Ndak mau nyala bro....��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pke bendix byson bro langsung jreng, speck nya sma, ama yg orry ninja 250, ane pke bendik byson langsung ngacir..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Itu ngerubah apa langsung plug bos

      Hapus
    4. pakai byson atau xeon bisa, tp perhatikan kutup - dan + pada bendiknya

      Hapus
    5. Biar sikring NYA di sma yg 30 memang arus NYA kuatt tpi pengisin aki NYA tetap lma

      Hapus
  3. Kl punya xeon kan cm 10A,ninja 30A...kan jauh beda bro. Jls ngak kuat. Mohon penjelasanx bro

    BalasHapus
  4. Tinggal dipindah aja bro, sikring ninja yg 30A pindah aja ke bendik xeon

    BalasHapus
  5. yap betul, di switch aja sikringnya

    BalasHapus
  6. kalo pake bendik xeon PNP bro? tinghal ganti sikring 30A?

    BalasHapus
    Balasan
    1. xeon pnp bro. xeon 2010 kode part 33S-H1940-00 . sikring pake bawaan ninja aja. oh ya perhatikan kutup - dan + bendiknya jangan kebalik

      Hapus
  7. Mkasih mas dah saya terapkan di ninja saya sip..... Tapi ada yg mau saya tanya.. Berpa lama mas sudah pakai relay ini untuk gantikan bendik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. rumit gak bro pasang relaynya?

      Hapus
    2. udah 1 tahun mas. selama relay kuat pasti aman. maka dari itu gunakan relay minim 30A.

      Hapus
    3. Bos apa gak papa pasang silang soalnya bendik asli dan punyak sion atau bison min dan ples tempatnya beda bos,minta petunjuk bos?

      Hapus
  8. Gan mau tanya kalau pake bendik byson brp amper ya dan pemasangannya lngsung plug aja kah gan? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendix byson bwaan nya 15a, klw orry ninja 30a, ane psang d mtor ninja250 gk ada mslah, lancar zaya

      Hapus
    2. mantap mas dede wahyudi (y)

      Hapus
  9. Gan sy sudah coba dan wkt starter gk lgsng nyala mesti brp kali coba dulu baru nyala dan ketika udah nyala dan mau di matikan mesin mati tp lampu2 semua nyala dan ada suara aneh.. knp ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada kekonsletan gan. coba cek kembali

      Hapus
  10. bantu meluruskan.. biar gampang
    bendik nya Gak di pakai semua gan..."

    (bendik yg rusak punya ninja 250fi ..rumah sekeringnya di copot pindahin ke bendik mio,xeon,bison + sekering pakai 30A kalo masih bagus masih bisa pakai yg lama kalo rusak ganti sekalian)

    gak masalah pakai bison, xeon,mio..

    kalo di pakai apa adanya gak bakal bisa..krn rumah sekeringnya kebalik jalurnya kanan-kirinya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya rumah sekring kebalik kanan kiri gmana gan?

      Hapus
    2. Kemarin punyak saya uda saya ganti punyake xeon ngak sampek satu mingu rusak kembali mas... Gimana solusinya

      Hapus
  11. wah ane barusan kena problem bendik, kebetulan ada yg share, bendik byson PNP ke Ninja 250fi? perlu ganti sikringnya ga? pemasangan kabelnya sama persis dgn bendik ninja

    BalasHapus
    Balasan
    1. sikring ttp ganti aja gan biar aman. switch dengan sikring asli.

      Hapus
  12. Itu yh dipake bendik xeon karbu at xeon injeksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. xeon karbu th 2010. kode part 33S-H1940-00

      Hapus
  13. mohon bantuanya para suhu ,motor saya 250FI ada permasalahan saat mau menghidupkan mesin ,semua lampu indikator hidup dan semua lampu di speedometer nyala normal,tapi saat di stater normal pada umumnya saat menstater,tapi mesin tidak mau menyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan punya ane ya gitu, mohon pencerahannya suhu

      Hapus
  14. Maaf Bang? Gambar diagram yg bawah apa betul begitu..sepertinya ada yang salah..maaf sebelumnya..newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya perbarui bang. terimakasih banyak. mohon koreksinya kembali. hehe

      Hapus
  15. Beres, makasih Gan, diawal kebalik kutub plus min, sekarang dah lancar Jaya, thx

    BalasHapus
  16. Solusi untuk menyalakan ninja yg ngga bisa starter cetak cetik apakah motor bisa didorong untuk menyalakan motor dalam jeadaan darurat gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba di ninja th 2014 saya gabisa gan. tp ada yg bilang bisa. mungkin sayanya yg gabisa. jd monggo dicoba aja

      Hapus
    2. Bisa gan. Masukkan ke gigi 2 tekan kopling lalu starter.

      Hapus
  17. boss klo buat ninja karbu sama ga buat mslh statr cara pemasanganya, motor saya baru" ini kaya gt boss, kdg bs nyala kdg cuma bunyi cetek" infonya boss mksh.

    BalasHapus
  18. Gan,numpang nanya dong bagi yg bnyk pengalaman,motor ane lg ngadat nih,begitu kontak on,Lampu indikator,headlight,klakson mati,tp Lampu sen nyala,apakah problem di aki nya?

    BalasHapus
  19. Apa bisa buat ninja karbu ? Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ninja karbu bisa pakai trik relay.
      untuk substitusi atau persamaan bendiknya saya blm tau, soalnya kabel soket bendik ninja karbu ada 3, sedangkan ninja 250fi ada 4 kabelnya.

      Hapus
  20. Terima kasih om, sudah ane terapkan dan hasilnya langsung jrengg..

    BalasHapus
  21. Kok gak bisa ya mode relay di ninja karbu

    BalasHapus
  22. Punya saya udh saya ganty bendik nya dengan yg byson tdk ada rubahan tingal pasang aje cma sekring nya aje paki ninin kabel kga di bolak balik men plus nya sma

    BalasHapus
  23. Sorry broo , minta pencerahan, ninja ane karbu bisa ga pake bandik byson ,maaf ya broo mohon infonya tks brather

    BalasHapus
  24. Gan motor saya ninfi 2016 pada saat stater awal normal tp ga lama indikator accu nyala saya coba matiin dan hidupkan lg langsng kyk ngeberebet gt..beberapa kali sempet nyala tp indicator accu jd mati saya coba matikan dan hidupkan lg malah keluar bunyi treeeet"..kira2 apanya ya gan..accu atw bendiknya yg kena..mohon penjelasanya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyi treet baterai soak gan,, kalo bunyi cetek cetek itu masalah bendik,,

      Hapus
  25. Saya pengguna ninja z250 FI
    Lampu lampu normal tapi pas di starter gamau hidup cuma bunyi treet gitu trus saya periksa aki ga bermasalah.
    Tau ga gan permasalahannya dimana ??
    Di bendik atau dimananya ??

    BalasHapus
  26. bos kalau udh ganti bendik, tp tetap tidak bisa kira2 masalahnya kenapa ya, soalnya lampu netralnya juga ikutan mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu switch sensor gigi netral eror gan. kalo dinyalain sambil ditekan koplingnya nyala ga?

      Hapus
  27. Gan, saya coba pake relay 4 kaki. Langsung jreng bisa nyala. Tp ada problem, motor staternya setelah engine nyala gak mau mati. Mohon pencerahan gan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Up gan. Punya ane juga. Qra2 problem nya di maana yah?

      Hapus
    2. relay pake brapa amphere gan? saya kadang juga begitu gan. distarter nyala tp dinamo starter masih ttp nyala. tp begitu mesin dimatikan lalu distart lg udah normal.

      Hapus
  28. Gan saya juga kena bendiknya total gak bisa hidup cuma cetak2 aja udah 1 minggu gak hidup,, bagus punya byson atau xeon,,apakah bentuknya 100% sama dengan asli ninja,,cuma balik kabel +/- nya ajakan,, rellay tetap asli ninja tanpa ubahan soketnya?

    BalasHapus
  29. Trims bgt info yg sangat nice, , udh di coba mantabs gan.

    BalasHapus
  30. Bos mau tanya kalo lg jalan terus ada bunyi cekit cekit di bagean depan dekat spedometer terus saya turunin gas motor mati sendiri n di stater lg gabisa itu masalah nya apa ..250 2011..tapi lampu nyala norml...info bos tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah bagian soket dan kabel speedometer gan.coba cabut soketnya lalu pasang lg

      Hapus
  31. ninja fi sama tak dengam ninja sl punya?

    BalasHapus
  32. Riley 4kaki nya pake merk apa gan? Ane pakai yang 30A tapi pas mesinnya nyala motor stater nya tidak mau mati. Kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pake hella om. kelemahan kalo pakerellay emang gitu om. saya juga ngalamin soalnya. kadang kalo habis starter mesin nyala tp dinamo starter ttp masih nyala. mesin dimatikan lg dan dnyalain lg baru bisa nyala normal

      Hapus
  33. Kalo ninja karbu pakek apa ya gan yang sama persis ?

    BalasHapus
  34. Gan mau nanya, ane punya ninin fi suka ga bisa menyala. Pas kontak on semua lancar, lampu, klakson, indikator. Tapi pas distarter ga bisa menyala ga ada bunyi sama sekali, apa itu maslaahnya dari bendik juga ya?

    BalasHapus
  35. Bisahkah bendik ninja 250 di perbaiki.trimah kasih

    BalasHapus
  36. Bisahkah bendik ninja 250 di perbaiki.trimah kasih

    BalasHapus
  37. Gan, kalo bendiknya udah ganti tapi masih ga bisa juga kenapa ya ? Aki masih joss banget kok

    BalasHapus
  38. Gan di motor ane di stater bunyinya kreeeg kreeeg gan lampu klakson berfungsi semua dengan cara di atas bisa nggak gan

    BalasHapus
  39. Kalo pas d starter trett trettt treet bukan cetek cetek itu berrt bendik nya apa akinya gan

    BalasHapus
  40. Gan,sepedometer Ninja 250FI Th 2014,Error angka kecepatan digatal 0,Km tidak jalan,kadang2 angka digital 0/km,berfungsi,ketika badan jalan tidak rata,bergelombang,

    BalasHapus
  41. Gan kalo socketnya yg angus, gampangnya nyari socket yg sama ini pake apa ya? Soalnya cari online susah juga

    BalasHapus
  42. Thanks info nya bermanfaat sekali untuk menghemat budget

    BalasHapus
  43. Bos minta bantuannya di bendik itukan ada tanda merah titik dan hirup B sama M maksud yg saya tanyakan yg mana menunjuk kan + dan - mines nya apa di tanda merah itu ya + nya ?minta bantuannya bos

    BalasHapus
  44. Gan..ninja fi sya, klo distater, bunyi treet...itu yg rsak bendix ny at akiny yg soak.mhon pncerahanny .trms.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bendiknya itu. Kalau akinya ada tanda aki merah di spedometer

      Hapus
  45. Gan mw nanya ni mslah ninja 250 fi sy d stater bunyi treeeeet, pdhad dah d ganti bendik'a pke xeon

    BalasHapus
  46. Mantaf gan. Makasih banyak. Ane pake punya xeon karbu. Langsung tokcer diganti fusenya doang

    BalasHapus
  47. Gan mau tanya ninja mono saya udah ganti bendik punya suzuki tpi masih ga nyala dan masih binyi treet...treeeet..kira2 apanya ya gan

    BalasHapus
  48. Mw tanya om klw di ninja 250 fi di stater cuman bunyi cekesss cekess cekesss tapi mesin gk mw idup.apa ada kemungkinan kerusakan di bendik juga..sam aki juga kaya kesedot.tiba2 abos motor 2 hri gk dipake juga..mohon jawabannya mster..

    BalasHapus
  49. Punyak saya ninja 250fi mengalami problem yang sama.. kemarin bendik ninja saya uda saya ganti punyake xeon belum satu mingu cetak-cetak lagi kenapa ya mas mohon info nya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arang stater perlu di cek juga bg, kotor mungkin atau udah aus... Di youtube juga ada yg mosting tntang arang starter sama cara buka dan membersihkannya

      Hapus
  50. Makasih bnyak infonya bg, punyaku 250 fi old ku ganti punya xeon tinggal pnp tinggal pemasangan kabel aktifnya jgn salah klau di ori kawasaki sebelah kanan untuk kbel aktif, kalau xeon ddi sebelah kiri biasanya di tandai ada plat tipis tambahan di tempat pemasangan baut, nah itu untuk kabel aktifnya yg langsung ke aki. Skali lagi ty untuk yg mosting tntang masalah start 250 fi nya

    BalasHapus
  51. Sdh saya terapka pakai rilay,,,dan hasilnya jreng,tp ketika swist on di matikan stater malah nyala dan aktif...hrs matikan kontak baru mati staternya...apakah gak ada masalah kl di pakai trs boz...atau ada yg salah...?mksh sebelumnya,

    BalasHapus
  52. Kak kalu pakai relay 30 Amper bisa gk

    BalasHapus
  53. Punya saya ninja rr mono. Ali sering tekor. Cek sepul masih bagus. Kiprok juga sudah ganti. Masih aja sama. Tekor lagi.

    Saya cek aki pakai alat digital saat motor nyala malah menurun bukan ngisi.

    BalasHapus
  54. Punya saya ninja rr mono. Aki sering tekor. Cek sepul masih bagus. Kiprok juga sudah ganti. Masih aja sama. Tekor lagi.

    Setelah aki saya cas. Saya cek aki pakai alat digital. Sebelum motor nyala angka masih 12.05 saat motor nyala malah menurun menjadi 11.10 setelah mesin say matikan angka kembali ke 12.05.

    Minta bantuaannya gn. Masih baru di mesin kawasaki. Terima kasih

    BalasHapus
  55. Punya saya soket ke bindik kabel warna hijau panas dan ngebul, itu masalahnya di apa ya?

    BalasHapus
  56. Harrah's Casino & Hotel - MapyRO
    Harrah's 파주 출장마사지 Casino & 문경 출장샵 Hotel, Las 안성 출장안마 Vegas. MapYRO 사천 출장안마 users can also visit http://www.caesars.com/harrahs-casino-and-hotel. 수원 출장샵

    BalasHapus